Monday, September 13, 2010

Perpustakaan Malik Abdul Aziz / King Abdul Aziz

Raja Fahd bin Abdul Aziz berkenan meresmikan perpustakaan Raja Abdul Aziz pada tanggal 16 Muharram 1403 atau tahun 1983. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan terbesar dan paling modem di Arab Saudi yang dikelola secara profesional oleh para pustakawan yang terdidik sesuai bidangnya. Perpustakaan ini terletak di Jalan Al Munakhah Madinah diatas lahan seluas 2.309 M2 tidak jauh dari Masjid Nabawi. Halaman perpustakaan dihiasi dengan air mancur serta taman yang indah. Perpustakaan ini juga berfungsi sebagai museum, dilengkapi dengan balai pertemuan, ruang baca dan melayani generasi muda yang sedang menyelesaikan kuliah untuk program paca sarjana S2 maupun tingkat doktor S3.




Gedung perpustakaan ini terdiri dari 6 lantai. Lantai bawah tanah/basement dialokasikan untuk penjilidan dan unit mikrofilm. Lantai dasar/ground floor merupakan pintu gerbang utama dan kamar pengawasan melalui CCTV. ruang baca dan sekatan-sekatan untuk penelitian, aula untuk ceramah dan kantin. Juga terdapat perpustakaan khusus untuk anak-anak di lantai ini.



Lantai pertama diperuntukkan untuk mushhaf AI Qur'an dan sejumlah besar mushhaf-mushhaf tulisan tangan yang paling bagus dan langka merupakan rangkaian sejarah penulisan mushhaf dari kertas yang paling tinggi nilainya. Di ruang ini juga dtitemukan jenis-jenis kaligrafi, petilasan-petilasan Islam yang langka dan kuno berupa kumpulan kotak-kotak penyimpanan benda-benda berharga, kumpulan tirai bordiran benang emas dan dijahit dengan kawat-kawat emas murni, disamping bingkai-bingkai kumpulan kaligrafi hasil kaya penulis indah, paling kondang termasuk penulis kaligrafi Sultan Mahmud Khan dan Abdul Hamid Khan. Di sini juga terdapat kumpulan pengikat kelambu (kiswah) Ka’bah.



Lantai dua, terdapat buku-buku beraneka jenis dan mempunyai rak-rak buku yang terbuka dan sangat rapi. Buku-buku yang terdapat dilantai ini sudah diklasifikasi, diorganisir dan diatur sesuai dengan sistem perpustakaan internasional paling modern namun selaras dengan corak perpustakaan Arab dan Islami. Kumpulan buku-buku di lantai ini sudah meliputi segenap disiplin ilmu pengetahuan dan cabang-cabangnya, seperti pengetahuan umum, filsafat, perbandingan agama-agama, ilmu sosial dan linguistik.



Di lantai ini juga ditemukan buku-buku ilmu-ilmu murni dan terapan, syair (puisi), prosa, balaghah (rhetoric), bad (ilmu metaphora), bayan (rethoric), sejarah, biografi dan lain-lain. Di tempat ini juga terdapat kelompok buku-buku mengenai masalah sejarah pada umumnya, hubungan internasional, sejarah dunia Arab secara umum dan sejarah semenanjung Arabia juga mengenai permasalahan dunia Arab kontemporer disamping buku-buku biografi dan failasuf, serta buku-buku tentang tokoh-tokoh agama, sarjana sosiologi, para pemimpin politik, para pemikir, para pakar bahasa, para peneliti ilmiah, pakar bidang kesenian, sejarawan, sastrawan dan para penulis novel.



Lebih dari 50.000 jilid buku telah dibeli oleh Departemen Urusan Islam, Wakaf dan Dakwah dan disumbangkan untuk perpustakaan ini.



Lantai empat atau sebenarnya merupakan lantai 6 kalau dihitung dari lantai dasar merupakan gudang untuk menyimpan perabotan perpustakaan dan rak buku

No comments:

Post a Comment